KOMPONEN NILAI ALEXA RANK

Usep Suryana 6 Agu 2012 2 comments
ALEXA TRAFIK (REACH) DAN ALEXA PAGEVIEWS

Setelah menulis sedikit tentang apa dan bagaimana di seputar Alexa Rank, kini this Blogger Copast mencoba untuk menulis secara teknis dan lebih mendalam soal Alexa Rank.

Yup, mari kita mulai bahasan pertama kita tentang bagaimana alexa mendapatkan dua komponen penting yang kemudian dikombinasikan sehingga akhirnya menjadi nilai  Alexa Rank seperti yang bisa kita lihat di widget ranking alexa yang biasa kita pasang di sidebar Blog kita masing-masing.

Seperti yang telah ditulis di posting sebelumnya disini bahwa dua komponen nilai tersebut adalah Alexa Traffic (Reach) dan Alexa Pageviews.

Alexa Trafik (Reach)

Komponen pertama tersebut adalah  Alexa Traffic yakni total pengunjung  Blog kita yang tercatat pada server alexa. Trafik ini tidak sama dengan trafik murni  Blog kita. Kenapa? Karena  Alexa memiliki cara sendiri untuk menghitung seberapa banyak pengunjung sebuah situs atau website, yakni melalui alexa toolbar maupun alexa widget.

Jadi disini tidak semua pengunjung asli blog kita akan tercatat di server alexa melainkan pengunjung yang data-datanya terkirim ke pusat database alexa melalui sebuah script tertentu baik itu melalui alexa toolbar maupun alexa widget. Sehingga perlu ditekankan bahwa alexa trafik ini bukan perkara trafik murni website kita.

Sehingga, jumlah asli pengunjung  Blog  kita akan dipilah menjadi dua bagian oleh Alexa, pengunjung yang tercatat dan yang tidak tercatat di pusat data alexa.

Data alexa trafik untuk semua alamat website yang ada pada database alexa akan diolah untuk kemudian dirangking atau diurutkan mulai dari yang tertinggi hingga terendah menjadi alexa reach.

Saat ini situs google.com yang memiliki nilai alexa reach tertinggi yakni sekitar 28%. Ini berarti bahwa sebanyak 28% data semua pengunjung yang tercatat di server pusat database alexa itu berasal dari situs google.com (termasuk subdomain-subdomainnya, misal mail.google.com, images.google.com, adwords.google.com, dll)

Alexa Pageviews

Komponen kedua adalah Alexa Pageviews yakni rata-rata jumlah halaman yang dilihat oleh para pengunjung  Blog kita, dan tentunya adalah pengunjung yang datanya terkirim ke server alexa melalui alexa toolbar maupun alexa widget.

Perhitungan Alexa Pageviews untuk seorang pengunjung yang berkali-kali mengunjungi satu URL halaman web yang sama maka alexa akan menghitungnya sebagai satu kali pageview. Jika pengunjung membuka dua halaman berbeda maka ini akan dihitung sebagai dua kali pageviews.

Contohnya adalah friendster.com yang memiliki nilai alexa pageviews sebesar 22. Artinya rata-rata setiap pengguna friendster membuka 22 kali halaman berbeda setiap kali visit... Hehe... Jadi bisa disimpulkan disini bahwa alexa pageviews adalah sama dengan tingkat keloyalan pengunjung sebuah situs blog atau website.

Alexa Rank Subdomain sama dengan  Alexa Rank Domain Utama

Nilai  Alexa Rank dari sebuah domain dengan banyak subdomain akan tetap dihitung untuk level domain utama saja. Misalnya yahoo.com dengan banyak subdomain seperti mail.yahoo.com, search.yahoo.com, news.yahoo.com. Jadi nilai alexa yang muncul untuk semua subdomain adalah sama seperti nilai  Alexa Rank domain utamanya saja.

Kecuali bagi subdomain yang sudah dikenali oleh alexa sebagai situs personal atau  Blog, nilai alexa rank akan berbeda tiap subdomainnya. Contohnya adalah blogger.com dengan subdomain blog-blog blogspot seperti Blogger Copast ini blogger-copast.blogspot akan dihitung berbeda tiap subdomainnya. Situs penyedia layanan blog lokal masih belum dikenali alexa sebagai  Blog sehingga semua blog diblogdetik akan memiliki nilai alexa yang sama, begitupula pada blog-blog di dagdigdug.

***

Untuk sementara sekian saja dulu pembahasan tentang  Alexa Rank, karena percuma kalau panjang-panjang bakalan tidak dibaca dan langsung dikomen aja... Hahahaha... Harapan saya adalah pandangan orang tentang  Alexa Rank menjadi terbuka dan tercerahkan. *halah* Posting berikutnya akan lebih ke sisi teknis perhitungan  Alexa Rank (harian, mingguan dan bulanan). Jadi tetap stay tune diBlogger Copast ini.... Hehehe....



Artikel Terkait

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
thumbnail Judul: KOMPONEN NILAI ALEXA RANK
| Twitter | Facebook Page
Published :6 Agu 2012 Jam 04.11
Rating: 4.5 Reviewer: 7
Silakan jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi tulisan ini. Terima kasih sudah singgah serta membacanya, Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat Blogger Copast semuanya amin.

Pin It

Silahkan tentukan pilihan komentar anda!



atau

2 komentar:

Pasang Iklan

Pengikut

Statistik

Page Rank
blogger-copast.blogspot.com Webutation

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Blog Directory & Search engine blog search directory Personal Blogs - Blog Rankings Technology Blogs Blog Directory My Zimbio My Ping in TotalPing.com I ♥ Validator GeoURL Blogger Copast Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Personal - Top Blogs Philippines Blog Search: The Source for Blogs
Link Centre Directory and Search Engine
Active Search Results blogger-copast.blogspot.com trustrank blogger-copast.blogspot.com Real PageRank

http://blogger-copast.blogspot.com$3,065$3,065How much is yours?

Waudit score SEO Reports for blogger-copast.blogspot.com Top SEO Sites Blogarama - The Blog Directory IndoUrl - indonesian directory, webmaster friendly
blogger-copast.blogspot.com CoolSocial.net Badge
dirbit.com free search engine submission Link Exchange with BLOGGER COPAST how to create a website AskDirectory.com - FREE Web Directory Blog Directory Blog Search Links Exchange Blog Directory | Submit to Directories and Promote your Blogs Frety Webengine bloggercopast's Profile on Ping.sg  Ping Url ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers blogger-copast.blogspot.com-Google pagerank and Worth Personal Blogs
Online Marketing
Feedage Grade B rated
eXTReMe Tracker
Amfibi Web Search & Directory Sistema Enlaces Reciprocos Search Engine Submission and Marketing Services ExactSeek: Relevant Web Search waplog
blognation.com
Submit Blog Directory Situs Monitor Backlinks Site Meter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner