POLA PIKIR SEO

Usep Suryana 30 Agu 2013 0 comments
Setelah mereview tentang belanja elektronik di evoelectronic.com belanja+elektronik+di+evoelectronic.com dengan target kata kunci elektronik, gadget, tv,laptop, desktop, smartphone,ac, kulkas, projector, evoelectronic.com. saatnya

Berpikir Jangka Panjang

Search Engine Optimization (SEO) bukanlah program ‘cepat kaya’, juga bukan aktivitas jangka pendek yang hanya memberi hasil sementara dengan resiko di-blacklist oleh mesin pencari.
Artikel yang merupakan bagian dari seri belajar SEO ini tidak membahas etika ber-SEO, menurut saya (silakan saja berpikir lain) mesin pencari menyediakan layanan, adapun panduan dan kebijakan yang mereka keluarkan bukanlah ‘hukum’ atau peraturan, tapi sekedar pernyataan umum (general statement).
General statement tersebut seringkali ambigu dan tidak memberi petunjuk jelas tentang apa yang harus dilakukan ‘pejuang SEO’ agar kata kunci (keyword) incaran mereka mendapat ranking di SERP.
Meski begitu, mempertaruhkan website anda dengan melakukan optimalisasi yang bertentangan dengan kebijakan mesin pencari dan bisa terdeteksi oleh mesin pencari adalah tindakan bodoh.
Ada banyak cara yang lebih baik untuk mendominasi SERP tanpa  harus melakukan hal-hal yang bisa membuat situs anda ditendang oleh Google, Bing atau Yahoo.
Pola berpikir dalam SEO harus bersifat jangka panjang- kalau anda melakukan SEO untuk keuntungan jangka pendek, maka itu bukan SEO, tapi trik untuk mengeksploitasi kelemahan mesin pencari.
SEO adalah proses yang butuh waktu, sejumlah faktor yang digunakan untuk menentukan posisi di Google misalnya, menggunakan waktu sebagai elemen perhitungan.
Konsep seperti link-aging, sandbox (atau trustbox, tergantung perspektif anda), quality filter, dan domain-aging (jangan kuatir, konsep-konsep ini akan dijelaskan nanti) membuat situs anda tidak mungkin menjadi #1 dalam sekejap – setidaknya bukan di Google.
Untuk contoh sebelumnya (Situs A dan B):
  • Site A akan menempati posisi #1 dalam 1 – 6 bulan, tergantung pada apa yang anda lakukan dan seberapa kuat situs yang saat ini menempati posisi #1.
  • Site B, butuh waktu 6 – 12 bulan untuk mencapai puncak, sekali lagi tergantung seberapa cepat anda bergerak dan keyword apa saja yang disasar.
Pada dasarnya – SEO butuh waktu agar efektif, jadi apapun yang anda rencanakan, pastikan bahwa rencana tersebut bersifat jangka panjang dan perhitungkan konsekuensi jangka panjang dari tindakan anda.

Punya Pikiran Sendiri

Sering saya melihat pelaku SEO yang mengikuti apapun yang diajarkan “guru”, atau percaya apapun yang dikatakan Google seperti mempercayai kitab suci.
Tapi seperti apa yang saya bilang sebelumnya – ada banyak cara untuk melakukan SEO, dan tentu saja tidak ada ‘salah’ atau ‘benar’ dalam SEO. SEO adalah tentang strategi yang paling efektif dalam membuat situs anda berada di puncak halaman hasil pencarian (SERP), dan itulah yang harus menjadi fokus anda.
Percaya buta semua yang Google atau ‘guru SEO’ bilang tidaklah baik. Anda harus mempertimbangkan opini pihak lain yang bertentangan, bandingkan dengan hasil yang anda dapatkan, dan kalau memungkinkan lakukan eksperimen anda sendiri.
Satu contoh, yaitu tentang tautan berbayar (paid links). Google secara jelas mengatakan bahwa paid links untuk tujuan mendapat ranking di mesin pencari tidak bisa ditolerir dan situs yang melakukannya akan kena penalti, namun di sisi lain paid links untuk tujuan traffic (iklan langsung) itu oke-oke aja. Ini menimbulkan perdebatan di dunia SEO; apakah tautan berbayar “benar atau salah”.
Jangan jadi budak Google atau orang lain yang mengajarkan anda tentang SEO – tidak ada satu formula yang mujarab untuk semua situasi dalam SEO, dan oleh karena itu tidak ada ‘benar’ atau ‘salah’.
Namun ini juga bukan berarti anda harus bertentangan dengan Google. Anda cuma harus berpikiran terbuka dan fokus pada apa yang terbukti berhasil dan dijamin bertahan untuk jangka panjang.
Jangan percaya begitu saja apapun yang dikatakan Google, atau para “dewa SEO”, atau saya. Perhatikan perkembangan dunia SEO, fokus, dan gali pengalaman anda sendiri.

Artikel Terkait

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
thumbnail Judul: POLA PIKIR SEO
| Twitter | Facebook Page
Published :30 Agu 2013 Jam 11.11
Rating: 4.5 Reviewer: 7
Silakan jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi tulisan ini. Terima kasih sudah singgah serta membacanya, Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat Blogger Copast semuanya amin.

Pin It

Silahkan tentukan pilihan komentar anda!



atau

Tidak ada komentar:

Komentar anda dimoderasi, Kata-kata yang kurang baik tidak akan saya tampilkan atau saya hapus Terima kasih

Pasang Iklan

Pengikut

Statistik

Page Rank
blogger-copast.blogspot.com Webutation

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Blog Directory & Search engine blog search directory Personal Blogs - Blog Rankings Technology Blogs Blog Directory My Zimbio My Ping in TotalPing.com I ♥ Validator GeoURL Blogger Copast Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Personal - Top Blogs Philippines Blog Search: The Source for Blogs
Link Centre Directory and Search Engine
Active Search Results blogger-copast.blogspot.com trustrank blogger-copast.blogspot.com Real PageRank

http://blogger-copast.blogspot.com$3,065$3,065How much is yours?

Waudit score SEO Reports for blogger-copast.blogspot.com Top SEO Sites Blogarama - The Blog Directory IndoUrl - indonesian directory, webmaster friendly
blogger-copast.blogspot.com CoolSocial.net Badge
dirbit.com free search engine submission Link Exchange with BLOGGER COPAST how to create a website AskDirectory.com - FREE Web Directory Blog Directory Blog Search Links Exchange Blog Directory | Submit to Directories and Promote your Blogs Frety Webengine bloggercopast's Profile on Ping.sg  Ping Url ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers blogger-copast.blogspot.com-Google pagerank and Worth Personal Blogs
Online Marketing
Feedage Grade B rated
eXTReMe Tracker
Amfibi Web Search & Directory Sistema Enlaces Reciprocos Search Engine Submission and Marketing Services ExactSeek: Relevant Web Search waplog
blognation.com
Submit Blog Directory Situs Monitor Backlinks Site Meter

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner